Teknik Belajar Pidato Di Hadapan Umum

on September 18, 2012

Pidato adalah sebuah kegiatan untuk berbicara di depan khalayak ramai/umum baik itu berbentuk orasi, ceramah, khotbah untuk mengungkapkan sebuah gagasan, nasehat, atau wasiat.
belajar pidato dengan mudah
Lalu bagiamana menurutmu tentang pidato kawan? Apakah kamu pernah melakukannya atau mungkin malu-malu kucing?

Banyak di antara kita yang kesulitan ketika ingin menyampaikan pendapat di hadapan banyak orang. inginnya sih semua ide tersampaikan, tapi Kata yang keluar justru "A.....A... Hep". Jantung dag-dig dug, telapak tangan berkeringat. Bahkan sampai-sampai tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali. Dunia seakan menjadi sempit, dan seperti mimpi. Apalagi jika di hadapan kamu adalah tokoh-tokoh penting masyarakat.

Kali ini saya akan berbagi tips seputar cara belajar berpidato dengan mudah yang saya peroleh dari teman saya mas Dana (beliau sering mengisi pidato (ceramah) kepada masyarakat). Berikut tips sederhanya:
  1. Berbicara di hadapan banyak orang merupakan SEBUAH KETRAMPILAN. Seperti naik sepeda, maka ketrampilan ini bisa dilatih. dan yakinlah kamu juga bisa melakukannya (lihat tulisan saya cara mudah menjadi percaya diri)
  2. Mulailah dengan berdiri di depan kaca di sebuah ruangan. Usahakan kacanya cukup gede sehingga separuh tubuh kamu terlihat. Kemudian mulailah berkata-kata dan tunjukkan ekspresi penuh intonasi sesuai dengan tema pidato. Cara ini membantu kamu supaya mentalnya kuat. Jika kamu malu dan minder di depan bayangan sendiri, bagaimana nanti di depan banyak?
  3. Setelah lancar berbagi dengan bayangan sendiri, tahap latihan selanjutnya ialah berbicara di depan orang lain. Mintalah bantuan adik/ kakak/ teman dekat supaya mau menyimak ide-ide yang akan kita sampaikan.
  4. Hal yang mudah adalah kalau kamu bisa mengajar ngaji anak-anak TPA masjid sekitar, ini akan membantu kamu untuk lancar di depan umum. Tunjukkan kamu bisa memberikan sebuah nasehat kepada adik yunior kamu. Suatu saat Kamu mampu berbicara di depan orang asing yang banyak
  5. Bagaimana selanjutnya?
Saatnya telah tiba... eng ing eng, Kamu akan membuat pidato penting di depan orang banyak. Kamu akan berjalan kedepan podium sendiri, dan siap-siap membuka mulut Anda. Bagaimana? Apakah sudah kamu persiapkan matang-matang pidato kamu? Jangan sampai mempermalukan diri sendiri loh dengan menampakkan kebodohan dihadapan orang lain kawan. Sebelum maju ke podium seyogya kamu persiapkan hal-hal di bawah ini:
  • Menulis isi pidato. Tulislah catatan-catatan kecil tentang apa yang ingin kamu sertakan dalam pidato. Buat sub-sub untuk alur pidato kamu. Dan catat hal-hal penting yang tidak bisa kamu ingat/hafal. Biasanya dalam kasus ketika ceramah, cobalah mencatat dalil-dalil yang dirasa perlu disampaikan.
  • Tinjau ulang isi pidato Anda. Jika kamu sudah mencatat per sub dari tema pidato hendaklah diulang-ulang membacanya dan memahami. Kalaupun hendak membaca naskah, usahakan menyesuaikan intonasi suara yang pas pada kalimat2 tertentu.
  • Pastikan untuk berlatih di rumah jika kamu termasuk orang yg gugup.
  • Jadilah diri sendiri. Jangan membuat sesuatu diluar kemampuan Anda.
  • Atur nafas dengan baik. Ini akan sedikit mengurangi rasa gugup yang ada
  • Ketika mulai berpidato gunakan suara asli kamu, dan jangan dibuat-buat, dan jangan tergesa-gesa.
  • Nikmati pidato kamu, dan jadikan ini sebagai diskusi bersama dengan hadirin. Dan berinteraksi dengan mereka, semoga ini menjadi kesan terbaik untuk pidato kamu dan pendengar kamu.
Selanjutnya... kembali ke diri kamu sendiri kawan, hanya ini yang bisa saya sharing artikel tentang teknik belajar pidato dihadapan umum dengan mudah.
Ranking: 5

{ 3 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Secangkir komentar, saran dan kritik Anda sangat berarti untuk perbaikan Blog ini.

 
© Cerita Blogger Indonesia | All Rights Reserved